10 Motif Batik Truntum Yang Wajib Kamu Tahu

Wednesday, January 9th, 2019 - Baju Batik Anak
Trenmodelbaju.com - Untuk pembahasan selengkapnya 10 Motif Batik Truntum Yang Wajib Kamu Tahu lihat di bawah ini. Info seputar 10 Motif Batik Truntum Yang Wajib Kamu Tahu, dapat anda lihat juga di bagian Baju Batik Anak. Untuk info harga 10 Motif Batik Truntum Yang Wajib Kamu Tahu silahkan lihat di gambar. Selamat menikmati :)

Ingin tahu sejarah dari motif batik truntum yang sangat legendaris, dan banyak di pergunakan sebagai pakaian adat? Keunikan sejarah dari motif batik yang satu ini membuat banyak orang ingin mengenakannya, sebagai pakaian yang di harapkan bisa memberikan dampak yang baik untuk mereka. Nah, jika anda penasaran langsung saja mari kami beritahu mengenai makna yang ada di dalamnya. So, simak artikel ini hingga selesai ya sobat!

Contoh Motif Batik Truntum

Contoh Motif Batik Truntum

Sejarah Sakral Motif Batik Truntum

Sejarah sakral motif batik truntum ini berawal dari kisah Kanjeng Ratu Kencana yang tak mampu memberi anak pada Paku Buwana III, suaminya. Hal itu, membuat Raja ingin menikah lagi sehingga membuat ratu di landa kesediahan. Dan dikala ia merenung sembari menatap gugusan bintang yang membuatnya terinspirasi dan ia berharap setelah kesulitan datang akan terjadi kemudahan. Seiring dengan mendekatkan diri pada yang maha kuasa, ratu mulai membuat batik truntum tersebut yang bisa mengisi kesendirinya.

Dan seiring berjalannya waktu, melihat aktifitas baru dari sang ratu yang sangat teliti dan tekun akhirnya berhasil memberi rasa penasaran pada sang raja. Dan akhirnya ia melihat bembuatan batik tersebut, dan terus memantaunya sehingga hari demi hari cinta dan kasih sayang Raja pun tumbuh kembali hingga akhirnya Raja membatalkan rencananya untuk menikah lagi.

Tradisi Penggunaan Motif Batik Truntum

Tradisi penggunaan motif batik truntum merupakan salah satu jenis batik klasik, masyarakat jawa menjadikannya sebagai tradisi, yaitu di kenakan pada acara pernikahan, yang memberi harapan semoga cinta kasih kedua mempelai bisa terjaga kebahagiaannya. Batik ini di gunakan oleh orang tua dari kedua mempelai yang bertujuan untuk menuntun anak dan menantu untuk memasuki gerbang kehidupan baru. Ini juga berarti “Ing Ngarso Sung Tulodho” orang tua selalu menjadi contoh teladan bagi anaknya.

Foto Motif Batik Truntum

Foto Motif Batik Truntum

Gambar Motif Batik Truntum

Gambar Motif Batik Truntum

Motif Batik Parang Truntum

Motif Batik Parang Truntum

Motif Batik Sidomukti Luhur

Motif Batik Sidomukti Luhur

Motif Batik Sidomukti Magetan

Motif Batik Sidomukti Magetan

Motif Batik Sidomukti Yogyakarta

Motif Batik Sidomukti Yogyakarta

Motif Batik Truntum

Motif Batik Truntum

Motif Hias Batik Truntum

Motif Hias Batik Truntum

Motif Batik Truntum Garudo

Motif batik truntum garudo merupakan truntum khas jogja, yang di kombinasikan dengan warna coklat dan biru. Nampak menarik jika di kenakan sebagai pakaian adat.

Motif Batik Truntum Garuda

Motif Batik Truntum Garuda

Semoga ulasan motif batik truntum yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat, khususnya untuk anda yang masih memerlukan banyak pengetahuan tentan batik!

Loading...

Gambar Lainnya : 10 Motif Batik Truntum Yang Wajib Kamu Tahu

10 Motif Batik Truntum Yang Wajib Kamu Tahu | admin | 4.5
/* */
WhatsApp Chat WhatsApp
Klik Like Untuk Mendapat Promo Baju Termurah
×